Minggu, 29 Januari 2012

BROKOLI SI HIJAU AMPUH CEGAH KANKER


BROKOLI merupakan sayuran yang paling populer dan digemari masyarakat dunia. sayuran berwarna cantik ini kaya nutrisi, yuk ulas sedikit soal brokoli.

Brokoli bukan sebatas memberikan kesehatan buat tubuh Anda, tetapi harganya bisa dibilang cukup terjangkau, cara pengolahannya banyak; ditumis, direbus, dikukus hingga dipanggang. Brokoli termasuk sayuran yang mudah tumbuh dan Amerika menghasilkan lebih dari setengah juta ton per tahunnya. Demikian dilansir Ehow, Jumat (20/1/2012).

Bila dilihat dari sejarahnya, brokoli berasal dari tumbuhan kubis liar. Pertumbuhan brokoli sudah lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Kata brokoli sendiri berasal dari "brachium” atau dalam bahasa latinnya berarti “cabang”, yang akhirnya berkembang menjadi broccolo lalu dibentuklah oleh Italia menjadi brokoli.

Brokoli diperkenalkan ke Amerika Serikat pada awal abad ke-19 oleh imigran Italia. Pada 1920-an, brokoli dikenal hingga New York dan California dan dari sanalah brokoli mulai tumbuh dan dikirim kembali ke timur dimana akhirnya menjadi populer.

Jika berbicara jenisnya, brokoli terdapat hasil persilangan, tetapi di Amerika Serikat paling banyak dijual jenis brokoli Calabrese yang memiliki bonggol atau kepala besar bewarna hijau.

Dari segi geografisnya, sebagian besar brokoli ditanam di Amerika Serikat dan tumbuh di California dan Arizona , sementara mayoritas brokoli segar diproduksi di dalam negeri, sekira 80 persen dan versi olahan beku dan lainnya adalah diimpor dari negara-negara Meksiko.

Selain bicara sejarah, jenisnya serta geografis, tentunya tidak luput akan manfaat dari brokoli sebab brokoli memiliki produksi kesehatan yang besar buat manusia, sekira 3 gram protein untuk satu porsinya, serta 4 persen besi, dan 35 persen vitamin C. Selain itu, brokoli disebut makanan superhijau karena kadar lemaknya hanya 30 kalori per porsi.

Brokoli diyakini mampu mencegah kanker karena terdapat kandungan fitonutrien. Brokoli juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung di mana kadar serat, kalium, dan vitamin B di dalamnya bagus buat tubuh.

Kandungan Nutrisi dan Cara Sehat Mengolah Brokoli
Kembang kol dan kubis merupakan keluarga brokoli tetapi pada brokoli mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Brokoli mengandung banyak vitamin C dan beta karotin yang merupakan antioksidan yang sangat penting. Di Amerika Serikat brokoli telah menjadi sayuran favorit yang menyehatkan dibanding kembang kol, kubis, dan sayuran hijau lainnya.

Selanjutnya di  brokoli ampuh cegah kanker

sumber :
http://www.okefood.com/read/2012/01/20/299/560979/sekilas-soal-brokoli
http://netsains.com/2010/07/menghalau-kanker-dengan-brokoli-isothiocyanates-sulforaphane/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar