Kamis, 26 Januari 2012

PEMERIKSAAN TELINGA HIDUNG TENGGOROK


BAB I
PENDAHULUAN
Untuk dapat menegakkan diagnosis suatu penyakit atau kelainan ditelinga, hidung dan tenggorok diperlukan kemampuan dan ketrampilan melakukan dan pemeriksaan organ-organ tersebut. Kemampuan ini merupakan bagian dari pemeriksaan fisik yang merupakan syarat bila terdapat keluhan atau gejala yang berhubungan dengan kepala dan leher. Banyak penyakit sistemis yang bermanifestasi di daerah telinga, hidung atau tenggorok demikian juga sebaliknya. Untuk mendapatkan kemampuan dan ketrampilan ini, perlu latihan yang berulang.
Pemeriksaan sebaiknya dilakukan dalam ruangan yang tenang tersedia sebuah meja kecil tempat meletakkaan alat-alat pemeriksaan dan obat-obatan atau meja khusus ENT instrument unit yang sudah dilengkapi dengan pompa pengisap, kursi pasien yang dapat berputar dan dinaikturunkan tingginya serta kursi untuk pemeriksa dan meja tulis.


BAB II
PEMERIKSAAN TELINGA, HIDUNG, TENGGROK

A.    PEMERIKSAAN TELINGA
1)      Inspeksi luar
Untuk dapat melihat dan mempelajari keadaan telinga diperlukan cahaya yang baik. Pada orifisium dapat ditemui krusta atau secret akibat otitis eksterna. Orifisium ini dapat menjadi lebar pada operasi mastoid atau bengkak dan menyempit karena furunkel. Daun telinga harus ditarik kedepan untuk melihat jaringan parut akibat operasi matoid terdahulu. Bila seorang menderita nyeri telinga akut, maka pembengkakan atau perlunakan di atas prosesus mastoid harus di cari.

selengkapnya dapat di download di...
PEMERIKSAAN TELINGA HIDUNG TENGGOROK

sumber :

1. Donghue GM, Bates GJ, Narula AA, In Clinical ENT. An illustrated texbook Oxford University Press New York 1992: p.10-21, 87-93, 169-174.
2. Pracy R., Dkk., 1989, Pelajaran Ringkas Telinga Hidung Dan Tenggorok, Jakarta: Gramedia
3.  Siegel LG. The head and neck history and examination. In: Adams GC, Boises LR, Hilger PA. Fundamental of Otolaryngology 6th ed. Philadelphia, WB Saunders Co.; 1989:p.13-23.
4. Soepardi Efiaty Arsyad, Dkk., 2007, edisi 6, Buku ajar ilmu keperawatan telinga hidung tenggorok kepala dan leher, Jakarta : Balai Penerbit FKUI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar